Tugas Fungsi

 

TUGAS PPID KEMENTERIAN ESDM

Berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 129.K/HK.02/MEM.S/2021 tentang Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Pengaduan Publik Di Lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, tugas PPID Kementerian ESDM adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian, dan pengamanan informasi
  2. Melakukan pelayanan informasi sesuai dengan aturan yang berlaku
  3. melakukan pelayanan informasi publik yang cepat, tepat, dan sederhana
  4. Melakukan penetapan prosedur operasional penyebarluasan informasi publik
  5. Melakukan pengujian konsekuensi
  6. Melakukan pengklasifikasian informasi dan/atau perngubahannya
  7. Melakukan penetapan informasi yang dikecualikan yang telah habis jangka waktu pengecualiannya sebagai informasi yang dapat diakses
  8. Melakukan penetapan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan yang diambil untuk memenuhi hak setiap orang atas informasi publik
  9. Memberikan jawaban dan/atau tanggapan atas permintaan informasi dan pengaduan publik secara efektif dan efisien berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan standar pengelolaan pelayanan informasi dan pengaduan publik
  10. Menyimpan, mendokumentasikan, dan mengamankan data dan informasi yang didapat dalam memberikan pelayanan informasi dan pengaduan publik
  11. Melakukan koordinasi dengan PPID pembantu dan pihak-pihak terkait lainnya sesuai kebutuhan dalam melakukan pengelolaan pelayanan informasi dan pengaduan publik
  12. Mengembangkan kompetensi para pegawai yang melakukan pengelolaan pelayanan informasi dan pengaduan publik
  13. Tugas lainnya yang ditetapkan oleh Atasan PPID KESDM.

 

FUNGSI PPID KEMENTERIAN ESDM

Pembinaan dan pengelolaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Kementerian ESDM

 








Top